.

Senin, 08 Juni 2009

Kiat-kiat memilih sekolah


5 kiat memilih sekolah
sebentar lagi akhir bulan Juni. sudah maklum di kalangan orangtua bahwa akhir bulan juni hingga awal Juli, akan disibukkan untuk mencari sekolah untuk buah hatinya, anak anaknya. para orang tua ingin anaknya dapat bersekolah di sekolah favorit na mahal. maslah biaya kadang tak masalah yang penting anaknya bisa senang di sekolah terkenal. pertanyaannya, sekolah seperti apa yang layak untuk anak-anaknya? memilih sekolah tidak seperti memilih sayuran tentunya, karena masa depan anak menjadi tawaranya.
maka perlu kami memberikan kiat-kiat untuk memilih sekolah yang pas untuk masa depan bagi anaknya, antara lain :
1. Kurikulum agama : pelajaran agama adalah pondasi bagi kehidupan anak.para orang tua perlu mencari sekolah yang mengajarkan agama secara benar, tentang aqidahnya lurus, ibadahnya benar, dan akhlaknya mulia. artinya ya sekolah Islam lah.

mengapa para orang tua perlu mencari sekolah islam yang seperti itu ? karena fitroh anak adalah tauhid murni seperti lembaran putih, orangtua / lingkungannyalah yang berpengaruh terhadap perkembangan masa depan anak. maka orang tua perlu menjaga kesucian fithroh tersebut. salah memilih sekolah untuk anak, sama dengan menghancurkan kesucian fitroh bagi si anak. apakah orang tua mau berfikir? renungkanlah...!!!
2.Guru teladan : keteladan adalah hal yang sangat penting bagi pendidikan anak." satu contoh perbuatan lebih baik daripada seribu perkataan" (kata orang bijak), guru yang menjadi teladan bagi murid-muridnya akan membentuk sifat yang baik pada anak. coba kita perhatikan anak kita ketika pulang sekolah, ia akan bercerita tentang gurunya, ini itu, yang baik maupun yang buruk, bahkan kadang kata guru dikerjakan, orangtua malah kadang dibantah : bu guru ga gitu ma, dan sebagainya. maka pilihlah sekolah yang guru-gurunya dapat memberi tauladan yang baik kepada para siswanya.
3. Sekolah bagus : sekolah bagus tidak identik dengan mahal, gedung mewah, fasilitas wah, dll. sekolah bagus artinya sekolah yang bersih, rapi, nyaman, asri, sesama siswa dan sesama guru, antar siswa dan guru saling sapa, salam, senyum, sopan, santun. fasilitas ada walaupun tak lengkap yang penting standar, kelas bersih dan nyaman dari hujan, panas, dan serangan dari luar.
4. Pondok pesantren : mungkin banyak orangtua kaget ketika mendengar kata pondok pesantren. bayangan orangtua pondok adalah, tempat kumuh, sangat ketat peraturanya, maka seadanya,rehabilitasi anak nakal, dll,yang terkesan hampir semuanya jelek. padahal tidak seperti itu, itu pondok jadul (jaman dulu). sekarang mana ada pondok pesantren seperti itu, bahkan sekarang banyak sekali pondok modern. bahkan di pondok modern orangtua ga perlu takut anaknya ga bisa kuliah di PT umum, karena anak mendapat ijazah pondok dan ijazah Aliyah setingkat SMA, yang bisa digunakan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. makanya para orang tua perlu tuh survey ke pondok-pondok modern, contoh Baitussalam, mijen, semarang, atau Gontor, jatim.
5.IPTEK : Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, tak kalah pentingnya dengan Ilmu agama, maka para orang tua perlu mencarikan sekolah bagi anak-anaknya yang mengajarkan Iptek. Iptek yang dimaksud adalah seperti Matematika, IPA, Komputer, sejarah, dll. ini penting bagi orangtua agar anak tidak gaptek aliyas gagap teknologi, tidak paham komputer, internet, e-mail, dll. maka carilah sekolah yang mengajarkan IPTEK.
saya yakin kalau semua orangtua memilihkan sekolah untuk anaknya secara tepat, akan lahir masa depan ummat manusia yang jujur, amanah, akidahnya lurus, ibadahnya benar, dan kahlaknya mulia. jadi pemimpin ya amanah, jadi rakyat ya amanah.
ini hanyalah coretan keprihatinan seorang guru terhadap generasi mendatang.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ass.ustadz mislan...
kapan khotbah ta'arufN?
tz gmn sama hasil UAN anak" kelas 3 MTs sekarang...

syukron...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons